Selamat Datang di Blog Saya. Jangan lupa meninggalkan pesan dan komentar Anda

Selasa, 23 Desember 2008

Ada 4-CW, Penting!

4Cdan4W

Langkah-langkah kongkrit yang seharusnya dilakukan oleh setiap instansi/organisasi, khususnya pelayanan publik hendaknya didasarkan kesamaan platform menyangkut visi (vision), misi (mission), persepsi (perception), tujuan (goal), sasaran (target), rencana tindak (action plan), yang tidak terpisahkan satu dengan lainnya. Untuk dapat mengerucut pada kesamaan persepsi dan pemahaman visi-misi, tujuan-sasaran, dan rencana tindak, harus didasarkan atas 4C dan 4W:

4C:
1. CONCEPT, jelas, komprehensif, dan inovatif.
2. COMPETENT, sesuai sesuai kemampuan, baik dari segi SDM, sarana dan prasarana,maupun anggaran.
3. CONNECTION, hubungan antara satu kegitn dengan kegitan yang lain harus saling terkait. Tumpang tindih sebaiknya dihindari, tetapi duplikasi tidak boleh terjadi.
4. COMMITMENT, pelaksanaan tugas harus konsisten dan serius. Melalui penetapan kinerja pada masing-masing pejabat publik, harus konsisten dan serius dilaksanakan.

4W:
Agar operasionalisasi at any case mencapai hasil maksimal, diperlukan langkah-langkah manajemen menyangkut:
1. WELL PLANNED, perencanaan yang baik, langkah awal dari manajemen yaitu planning, berarti setiap tugas/pekerjaan sebelum dilaksanakan harus direncanakaan dengan baik atau dilakukan secara terencana.
2. WELL ORGANIZED, organisasi yang baik, langkah kedua yaitu organizing, artinya menetapkan struktur organisasi siapa melakukan apa dengan tugas dan fungsinya harus jelas.
3. WELL ARRANGED, pengaturan yang baik, langkah berikutnya berupa actuating atau melaksanakan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan. Untuk melaksanakannya, perlu diatur dengan baik, sehingga tidak terjadi benturan, duplikasi, dan penyimpangan.
4. WELL CONTROLLED, pengendalian dan pengawasan yang baik, langkah manajemen terakhir yaitu pengawasan dan pengendalian agar pelaksanaan tugas dan fungsi berlangsung sesuai rencana dan senantiasa pada setiap langkah perlu ada penyesuaian, namun dikendalikan dan diawasai dengan baik.*** MArafah

Tidak ada komentar: