Selamat Datang di Blog Saya. Jangan lupa meninggalkan pesan dan komentar Anda

Sabtu, 20 Desember 2014

PULAU MISTERIUS DITEMUKAN DI PLANET MARS

Pulau Misterius Ditemukan Di Planet Mars - NASA sedang mencoba untuk menentukan asal-usul bentuk melingkar aneh di wilayah Athabasca Mars. Dengan ukuran diameter 1,2 mil, foto bentuk tanah yang aneh tersebut ditangkap oleh kamera dari Mars Reconnaissance Orbiter. Dengan tekstur yang tidak teratur dan bentuk melingkar yang memiliki tonjolan panjang dengan medan sekitarnya yang terlihat jauh lebih halus, ada kemungkinan fenomena ini dihasilkan oleh beberapa aliran lava terbaru di planet merah tersebut. Misteri Image Credit: NASA Para ahli telah berjuang untuk menentukan proses apa saja yang mungkin menimbulkan pembentukannya. Dan semua pihak yang ikut dalam misi ini masih bekerja keras untuk menemukan misteri yang tersimpan di permukaan Mars. "Mungkin lava telah menerobos dari bawah dan menekan ke permukaan", demikian perkiraan NASA yang dipublikasikan di situs resminya. "Sepertinya ada materi yang hilang dari gundukan itu, sehingga tidak tertutup kemungkinan bahwa ada sejumlah besar es di gundukan yang keluar akibat panas dari lava". Sumber: http://avanoustic.blogspot.com/2014/12/pulau-misterius-ditemukan-di-planet-mars.html

MAKHLUK LAUT RAKSASA TERTANGKAP GOOGLE EARTH

Makhluk Laut Raksasa Tertangkap Google Earth - Makhluk laut raksasa yang misterius diperkirakan telah terlihat di perairan pirus dari salah satu teluk yang paling indah di Selandia Baru. Sebuah jalur ombak yang besar dari hasil gambar penginderaan satelit Google Earth di wilayah Oke Bay dapat Anda lihat dengan sangat jelas. Pita Witehira, seorang insinyur dari Hamilton, Selandia Baru, yang melihat sosok tersebut di Google Earth saat sedang meneliti sebuah rumah untuk liburannya, mengatakan kepada Daily Mail Australia bahwa, jalur ombak misterius itu bisa saja ditinggalkan oleh makhluk yang mungkin berukuran sekitar 12 meter. "Suku asli Maori menyebutnya 'Taniwha' dan bukan ikan paus ataupun itu terlalu besar untuk hiu. Sosok ini bergerak terlalu cepat dan memutar terlalu tajam jika ini adalah ikan paus", ungkap Witehira. Cryptozoology Witehira juga mengesampingkan bahwa perahu adalah penyebab jalur ombak misterius tersebut. Menurutnya, tidak ada buih putih seperti jalur ombak biasa yang diciptakan oleh motor. "Saya melihat itu sekitar seminggu yang lalu. Kami memiliki beberapa properti di dekat Oke Bay dan saya akan membangun vila pantai di sana. Saya kemudian memperbesar gambar dan menemukan ombak aneh seperti bekas perlintasan dari makhluk laut raksasa", jelasnya. "Ini terlalu lebar untuk hiu. Ini pasti memiliki badan yang berat di bawah air hingga membuatnya seperti ditarik". Oke Bay adalah suatu daerah di pantai timur Far North, North Island. Daerah ini memiliki pantai pasir putih yang sangat indah dan merupakan daerah perairan dangkal (sekitar 40 meter dengan penurunan kedalaman yang langsung menuju dalam teluk). "Ada banyak semak belukar di bagian yang lebih dalam dari Teluk." Penampakan yang tidak biasa juga pernah muncul pada foto kepiting raksasa yang diperkirakan memiliki lebar sekitar 50 kaki, yang terlihat sedang bersembunyi di perairan dangkal di Inggris. Gambar yang luar biasa tersebut tersebar secara online pada bulan Oktober lalu itu telah membuat pengunjung berbondong-bondong pergi mengunjungi kota tepi laut Whistable, Kent, dengan harapan menangkap kepiting terbesar Inggris. Sementara beberapa orang bersikeras itu adalah sebuah bukti dari "Crabzilla", sedangkan yang lain berpendapat bahwa sosok bayangan yang terlihat berada di bawah jalan dermaga tersebut tidak lebih dari sebuah tipuan lucu. Sumber: http://avanoustic.blogspot.com/2014/12/makhluk-laut-raksasa-tertangkap-google-earth.html

Khasiat Buah dan Daun Kersen untuk Kesehatan

SAUNG99 - Kersen merupakan tanaman yang mudah tumbuh di daerah tropis. Tumbuhan ini juga mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Buah mirip ceri ini seringkita temui di pinggir jalan dan jarang di budidayakan dengan serius. Tapi siapa sangka, jika di balik buahnya yang kecil, terdapat khasiat yang besar. Jika buah ini hanya familiar sewaktu Anda kecil, maka sebaiknya Anda mulai menanam di halaman rumah Anda, karena khasiat buah dan daunnya sangat besar. Bagi Anda yang mempunyai asam urat, tidak usah jauh-jauh pergi ke dokter, cukup dengan mengonsumsi buah kecil ini sebanyak 9 butir sekali makan, dan dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari, maka asam urat Anda bisa hilang. Kersen mempunyai kandungan gizi yang cukup baik, bahkan tidak kalah dengan buah mangga. Untuk satu butir buah kersen, mengandung Vitamin C sebanyak 85 miligram, dan kandungan kalsium dalam buah ini juga cukup tinggi yaoti sekitar 124,6 miligram. Sedangkan mendapatkan manfaat dari daunnya, Anda cukup merebusnya, di mana sepertiga bagian dari air rebusan, diminum sebanyak tiga kali dalam satu hari. Air rebusan ini berkhasiat untuk anti radang dan menurunkan panas, serta sebagai antiseptik yang dapat membunuh mikroba yang berbahaya. Tidak ada salahnya bagi Anda mulai memperhatikan tanaman buah yang satu ini. Karena kesehatan merupakan harta yang harus dijaga. Namun ingat, ambillah buah kersen yang matang di pohonnya, karena buah yang matang di pohon mempunyai kandungan nutrisi yang maksimal. http://saung99.blogspot.com/2014/10/khasiat-buah-dan-daun-kersen-untuk.html

Ditemukan Ikan yang Hidup di Laut Terdalam di Dunia

Ditemukan Ikan yang Hidup di Laut Terdalam di Dunia Ikan snailfish yang hidup di palung Mariana. SAUNG99 - Saat kita berenang di laut yang cukup dalam saat diving, mungkin tubuh kita harus menyesuaikan dengan tekanan yang ada. Jika tidak, kita akan meninggal karena tekanan yang kuat. Demikian juga ikan, mempunyai tahapan kedalaman, di mana mereka bisa hidup. Pada catatan rekor sebelumnya, ikan Snailfish berhasil mencatatkan rekor sebagai ikan yang mampu hidup di kedalaman 500 meter di bawah permukaan laut. Namun rekor baru tercatat oleh ikan snailfish di palung Mariana, yang merupakan laut paling dalam yang pernah tercatat. Ikan snailfish atau ikan siput ini, ternyata mampuu hidup di kedalaman lebih dari 8.000 meter, tepatnya 8.145 meter di bawah permukaan laut. Ikan ini ditemukan dalam rangkaian ekspedisi, untuk melihat kehidupan di laut dengan kedalaman ekstrem. Dalam sebuah video, ikan ini memiliki mata yang sangat kecil, dengan kepala yang cukup besar. Ukurannya dperkirakan sebesar lengan manusia. "Ini adalah ikan laut dalam yang belum pernah kita lihat sebelumnya, tidak seperti yang kami bayangkan dan ketahui. Ini benar-benar sangat rapuh, sayap besarnya berfungsi seperti sirip, dan kepanya seperti tidak seimbang," ucap Dr Alan Jamieson dari Universitas Aberdeen. Penelitian ini menggunakan kapal selam khusus, yang tahan akan tekanan yang cukup tinggi, dan juga dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi, yang diberi nama Hadal Lander yang diciptakan di Aberdeen. (Mail Online) Sumber: http://saung99.blogspot.com/2014/12/ditemukan-ikan-yang-hidup-di-laut.html

Sabtu, 29 November 2014

Cara Membuat RPP K-13 dengan Mudah



Cara ini mungkin bisa membantu Bapak/Ibu Guru dalam membuat RPP berdasarkan referensi buku pegangan guru. Mungkin dalam tutorial yang akan diberikan ini banyak kesalahan ataupun kekurangan mohon dimaklum, mohon dikoreksi dengan mendiskusikannya di kotak komentar. Baiklah silahkan lihat tahapan dalam pembuatan RPP kurikulum 2013 dengan mudah di bawah ini :

Pertama kita susun terlebih dahulu point-point yang ada di
RPP kurikulum 2013, berikut ini adalah poinnya :

Judul
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
    Kompetensi Dasar
    Indikator
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode dan pendekatan pembelajaran
F. Media dan alat Pembelajaran
G. Langkah-langkah Pembelajaran
     Kegiatan Pendahuluan
     Kegiatan Inti
     Kegiatan Penutup


Pengamatan sikap
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Penilaian : Unjuk bekerja


Untuk selanjutnya sekarang kita hanya tinggal memasukkan konten-konten yang bersangkutan dengan susunan point di atas dari buku pegangan guru kurikulum 2013, lihat di bawah ini :


A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
    Kompetensi Dasar
    Indikator

kompetensi dasar "Kuning" dan Indikator "Hijau"

Keterangan : silahkan masukkan komponen kompetensi dan indikator sesuai point pada RPP

C. Tujuan Pembelajaran

Salin yang terdapat pada kotak merah untuk Tujuan Pembelajaran di RPP kurikulum 2013

D. Materi Pembelajaran

Pada kota merah tersebut merupakan untuk Materi Pembelajarannya, silahkan disalin

E. Metode dan pendekatan pembelajaran


Metode pendekatan pembelajaran



 Untuk isi dari metode dan pendekatan pembelajaran bisa lihat contoh gambar di atas atau di bawah ini :
Metode           : (Ceramah, diskusi, dan Tanya jawab)
Pendekatan     : Saintifik (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi / menalar dan mengkomunikasikan)

F. Media dan alat Pembelajaran

Media pembelajaran kurikulum 2013

G. Langkah-langkah Pembelajaran
     Kegiatan Pendahuluan
     Kegiatan Inti
     Kegiatan Penutup

Langkah-langkah pembelajaran kurikulum 2013

Keterangan : Silahkan oleh Bapak/Ibu Guru sesuaikan penempatannya berdasarkan Kegiatan awal, Inti dan Penutup.


Pengamatan sikap dan
Penilaian Pengetahuan


Penilaian Keterampilan
Penilaian : Unjuk bekerja


Tips Penting :
Supaya lebih mudah dalam pengerjaan RPP kurikulum 2013 tersebut, Bapak/Ibu Guru bisa langsung Copy Paste dari buku pegangan guru kurikulum 2013 dalam bentuk PDF. Silahkan download buku Pegangan gurunya di
sini.


Untuk mendapatkan hasil yang bagus dalam proses copy paste teks dari pdf maka silahkan download aplikasi untuk membuka file PDF tersebut di
sini (rekomendasi terbaik selain AdobeReader dan Foxit Reader) dan lihat Cara Copy Paste Teks Dari Pdf Ke Word Dengan Hasil Yang Bagus.

Mungkin Tips
Cara Membuat RPP Kurikulum 2013 dengan mudah tersebut bisa membantu para guru, saya yakin banyak kekurangan dalam penyusunan point yang terdapat dalam RPP kurikulum 2013, maka dari itu diskusionline.com mohon koreksinya, silahkan kirim saran dan kritik melalui kotak komentar.



Senin, 04 November 2013

Pentingnya Kepemimpinan Pembelajaran

Kepemimpinan pembelajaran mampu memfokuskan kegiatan-kegiatan warganya untuk menuju pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah. Kepemimpinan pembelajaran penting diterapkan di sekolah karena kemampuannya dalam membangun komunitas belajar warganya dan bahkan mampu menjadikan sekolahnya sebagai sekolah belajar (learning school).
Sekolah belajar (learning school) memiliki perilaku-perilaku sebagai berikut:
·      memberdayakan warga sekolah seoptimal mungkin, memfasilitasi warga sekolah untuk belajar terus dan belajar ulang,
·      mendorong kemandirian setiap warga sekolahnya, memberi kewenangan dan tanggungjawab kepada warga sekolahnya, mendorong warga sekolah untuk akuntabilitas terhadap proses dan hasil kerjanya,
·      mendorong teamwork yang (kompak, cerdas, dinamis, harmonis, dan lincah/cepat tanggap terhadap pelanggan utama yaitu siswa),
·      mengajak warga sekolahnya untuk menjadikan sekolahnya berfokus pada layanan siswa,
·      mengajak warga sekolahnya untuk siap dan akrab menghadapi perubahan,
·      mengajak warga sekolahnya untuk berpikir sistem,
·      mengajak warga sekolahnya untuk komitmen terhadap keunggulan mutu, dan mengajak warga sekolahnya untuk melakukan perbaikan secara terus-menerus.

Kepala sekolah mempunyai sejumlah peran yang harus dimainkan secara bersama, antara lain mencakup educator, manager, administrator, supervisor, leader., enterpreneur, dan motivator (EMASLEM). Peran kepala sekolah sebagai leader (pemimpin) dan spesifiknya sebagai instructional leader, kurang memperoleh porsi yang selayaknya. Kepala sekolah disibukkan dengan pekerjaan-pekerjaan rutin yang bersifat administratif, pertemuan-pertemuan, dan kegiatan-kegiatan lain yang bersifat non-akademis sehingga waktu untuk mempelajari pembaruan/inovasi kurikulum, proses belajar mengajar, dan penilaian hasil belajar siswa kurang mendapatkan perhatian. Padahal, ketiga hal yang terakhir sangat erat kaitannya dengan peningkatan mutu proses belajar mengajar, yang pada gilirannya, mutu proses belajar mengajar sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas siswa dan kualitas sekolah secara keseluruhan. Sumber: Materi  Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah, PPTK - BPSDMP - PMP, Kemdiknas, 2011.

Kepemimpinan Pembelajaran

Model kepemimpinan yang paling cocok untuk diterapkan di sekolah adalah kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership or leadership for improved learning). Tentang penerapan kepemimpinan pembelajaran di sekolah, banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa kepala sekolah yang memfokuskan kepemimpinan pembelajaran menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik dari pada kepala sekolah yang kurang memfokuskan pada kepemimpinan pembelajaran.

Hasil penelitian Stronge (1988 menunjukkan bahwa dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah, hanya 10 persen yang dialokasikan untuk kepemimpinan pembelajaran. Sampai sekarangpun banyak kepala sekolah yang masih menyeimbangkan perannya sebagai manager, administrator, supervisor, dan instructional leader (kepemimpinan pembelajaran). Adapun alasan yang dikemukakan antara lain kurangnya pelatihan tentang kepemimpinan pembelajaran, kurangnya waktu untuk melaksanakan kepemimpinan pembelajaran, banyaknya kegiatan administratif yang harus dilaksanakan, dan adanya harapan dari masyarakat bahwa peran kepala sekolah utamanya adalah seorang manager (Flath, 1089; Fullan, 1991). 


Kepemimpinan pembelajaran sangat cocok diterapkan di sekolah karena misi utama sekolah adalah mendidik semua siswa dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi orang dewasa yang sukses dalam menghadapi masa depan yang belum diketahui dan yang sarat dengan tantangan-tantangan yang sangat turbulen. Misi inilah yang kemudian menuntut sekolah sebagai organisasi harus memfokuskan pada pembelajaran (learning-focused schools), yang meliputi kurikulum, proses belajar mengajar, dan penilaian hasil belajar (assesment). Oleh karena itu, materi pelatihan ini akan membahas secara spesifik tentang kepemimpinan pembelajaran yang meliputi antara lain: arti, tujuan, dan pentingnya kepemimpinan pembelajaran, kompetensi kepemimpinan pembelajaran efektif, dan strategi pelaksanaan kepemimpinan pembelajaran.
Penelitian oleh Weber (1971) menyimpulkan bahwa tingkat pencapaian yang tinggi berkaitan dengan kepemimpinan yang kuat yang keputusannya difokuskan kepada proses pembelajaran, menentukan harapan yang tinggi kepada siswa dan staf, memiliki iklim aman, dan memantau kemajuan belajar siswanya.
Edmonds (1979) mengidentifikasi lima atribut sekolah efektif yang menghasilkan capaian tinggi siswanya yaitu; kepemimpinan yang kuat, harapan tinggi yang ditanamkan kepada siswanya, iklim sekolah yang kondusif, tujuan yang jelas yang dipahami oleh siswa, dan pemantauan kemajuan belajar siswa. Hedly Beare dkk., (1991) dalam bukunya yang berjudul, Creating an Excellent School menyebut tahun-tahun tersebut sebagai pergeseran dari “school effect” ke “effective school”.
Pentingnya kepemimpinan pembelajaran yang kuat agar sekolah menjadi efektif, diulas oleh Hallinger dan Heck (1993). Mereka mereview mengenai beberapa penelitian empirik peran kepemimpinan pembelajaran dalam menghasilkan capaian lulusan yang baik, menyimpulkan bahwa meskipun kepemimpinan pembelajaran tidak secara langsung berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, namun pengaruhnya kepada pencapaian hasil dapat terjadi secara tidak langsung. Kepemimpinan pembelajaran mencakup perilaku-perilaku kepala sekolah dalam merumuskan dan mengkomunikasikan tujuan sekolah, memantau, mendampingi, dan memberikan umpan balik dalam pembelajaran, membangun iklim akademik, dan memfasilitasi terjadinya komunikasi antar staf.
Pengaruh kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) terhadap peningkatan hasil belajar siswa sudah tidak diragukan lagi. Sejumlah ahli pendidikan telah melakukan penelitian tentang pengaruh kepemimpinan pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar. Mereka menyimpulkan bahwa:
If our schools are to improve, we must redefine the principal’s role and move instructional leadership to the forefront (Buffie, 1989).

If a school is to be an effective one, it will be because of the instructional leadership of the principal …. (Findley,1992). 

Effective principals are expected to be effective instructional leaders ...... the principal must be knowledgable about curriculum development, teachers and instructional effectiveness, clinical supervision, staff development, and teacher evaluation (Hanny, 1987).

Dari kutipan-kutipan tersebut diatas dapat disarikan bahwa peningkatan hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan pembelajaran. Artinya, jika hasil belajar siswa ingin dinaikkan, maka kepemimpinan yang menekankan pada pembelajaran harus diterapkan. Untuk lebih jelasnya, berikut dibahas tentang arti, tujuan, pentingnya kepemimpinan pembelajaran, butir-butir penting kepemimpinan pembelajaran, dan kontribusi kepemimpinan pembelajaran terhadap hasil belajar. 
Sumber: Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah, PPTK - BPSDMP-PMP Kemdiknas, 2011.