Selamat Datang di Blog Saya. Jangan lupa meninggalkan pesan dan komentar Anda

Minggu, 25 November 2012

Selamat Hari Guru Nasional


Setiap tanggal 25 November diperingati hari Guru Nasional sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap jasa para pengajar di negara ini. Saya sebagai dosen, tidak akan protes kepada otoritas negara  mengapa tidak ada hari dosen nasional, seperti hari guru, dan saya juga berkeyakinan sebagian besar teman-teman dosen berpikiran sama. Pun dengan Institusi pendidikan tempat kami bernaung. Hal ini hemat kami, tidak substansial.
Kami (dosen) menganggap bahwa kami juga bagian dari “guru” yang hari ini diperingati. Guru, dosen, widyaiswara, instruktur, fasilitator, atau apa pun istilahnya, semuanya adalah satu kesatuan dalam artian fungsional akademik, yakni pihak- pihak yang mencoba memberikan apa saja yang kami punya dan tulus mengabdi dalam dunia pendidikan, demi menunaikan janji pemerintah yang tercantum dalam konstitusi negara kita.
Pendidikan adalah elemen mutlak dalam menentukan kemajuan suatu bangsa. Kualitas dan kuantitas warga terdidiknya harus terus diciptakan. Oleh karena itu sistem pendidikan kita harus dapat memperdayakan seluruh warga negara untuk mengakses dan berkembang menjadi manusia yang berkualitas dan berakhlak. Ini tidak mudah dan mustahil mewujudkan melalui jalan pintas. Kami sadar sepenuhnya.
Kami pun mungkin tak keberatan dan itu kami jadikan sebagai tantangan yang mesti kami patahkan ketika banyak pihak hanya selalu sibuk mengeluh, prihatin, merendahkan, skeptisme, bahkan menghina dengan hanya berdebat tentang buruknya kondisi dan sistem pendidikan negara kita, tanpa pernah mau melakukan upaya nyata untuk memperbaikinya.
Biarlah. Kami sebagai pengabdi pendidikan tak boleh padam semangat, apalagi berhenti untuk ikut serta, sekecil apapun, mendorong kemajuan, mengubah masa depan generasi selanjutnya menjadi lebih cerah. Kami akan tetap berpedoman dengan semboyan Tut Wuri Handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan), Ing madya Mangun Karsa (ditengah dianatara murid, guru harus menciptakan ide kreatifitas), dan Ing Ngarsa Sung Tulada (didepan, seorang pendidik harus memberi teladan yang baik)
Selamat Hari Guru Nasional. Semangat dan pengabdian guru (kami) memang pantas diperingati setiap tahun.
Salam.

Tidak ada komentar: